Sabtu, 31 Mei 2008


Hikayat “Kampung Tua” Karang Medain

Sebutan kampung tua untuk Karang Medain, memang unik. Karena secara realita justru sebaliknya. Dampak kemajuan pembangunan wilayah perkotaan menggerus istilah tua menjadi modern. Rumah-rumah mewah warga Karang Medain kita dapati di mana-mana. Tidak itu saja, tempat ibadah yang di tata dengan megahnya membuat kesan tua lamat-lamat menjadi asing. Tentunya, bagi generasi muda yang lahir di era modernisasi ini. Kendati demikian, sejarah tak lapuk oleh zaman. Sejarah secara empirik mencatatnya secara naif kondisi sebenarnya di masa itu, ya, tatkala terbentuknya Karang Medain tempo dulu.
Sudut historis Karang Medain, menurut Pakeling Ida Pedanda Nyoman Burwan merupakan catatan perpindahan masyarakatnya tempodulu ke tempat kediamannya sekarang. Menurut catatan yang kami kutip secara utuh sebagai berikut :
Inggih sane wenten Awetara sane ngamelang Baliage ring Sasak sane ketengeran, tabepukulun Ida Bhatara Gede Muter Jagat, Ida sane meduwe Pakemit sane dados mencangah anggan Ida, belig tan keles tampaking palu grinda, satya bakti nyanggra Ida Bathara “irika ipun kicen waste” mula Baliage, antuk akweh jadmane pegenahane, mewasta ring medayin. Arti medayin = nenten wenten purun jagi nanggulin ring payudan. Ingging antuk sampun bekpisan pagenahan ipunne ring medain, irike wenten purun uningayang atur ring Bathara Gede Muter Jagat, atur ipune, inggih pukulun paduke Bhatara sesuunan titiang mangda sampun titiang keni raja pinulah, purun nguningayang atur mase kidik ring pekayunan antuk sampun kekehan kaula gotra duwenne samiyan iriki, kantos kakirangan pegenahan antuk sampun kosek pisan pagenahan kantun titiang ngemanutin, wantah Bhatara sewece pemanah titiang jagi ngungsi ngererah pegenahan palungguh Bhatara dauh wacane ngendika ring padewekan titiang.
Pada masa masih di tempat kediaman lama, Gde Batuhu sebagai sesepuh memohon kepada Tuhan bahwa di tempat mereka tinggal sudah penuh dan perlu mencari tempat kediaman yang baru.Selanjutnya, Betara sesuhunan menyarankan demikian :
Tandumade irike Bhatara ngendika: “Pandikan Idane. Nah Cai mapinunasan tekening ire. Ire maang cai tongos ajak nyaman caine mekejang, tomadan a banjar. Ne madan Banjar apang cai nawang, Ba = artinne baktiasih, Anyjar = benih langgeng. Ade tegal kelod kauh, dajan tukad, dauh tukad, uli jani cai mejalan beneng cai ngajanang, ade tukad, di dajan tukade ditu cai nongosin ajak cai makejang, tongose ento adanin Karang Medain.
Beliau menyatakan untuk membangun tempat yang mana posisinya di barat sungai dan di utara sungai. Dan, selanjutnya diberi nama Karang Medain. Secara nyata posisi yang dirujuk ternyata sesuai dengan lokasi Karang Medain sekarang, di mana lingkungan Karang Medain Timur berada di barat Sungai Ancar, sedangkan lingkungan Karang Medain Barat dan lingkungan Karang Medain Utara berada di utara Sungai Ancar.
Selanjutnya, paragraf yang lain menyebutnya : “Sapunika sabda Bhatara ngendika ring Gde Batuhu, irika I Gde ngraris mepamit uli payunan Ida Bhatara ngelaut ipun malih ngorain banjaran ipune mekejang, tur ipun sareng samian mengojog pagenahane kadi sabda pawecanan Ida Bhatara Gede Muter Jagat, tan dumade rauh ipun sampun ring pagenahane, duk ring raine Wraspati Pon Sasih Kedase (10) Tanggal ping 13 Wuku Uye, Isake 1225. Mawinan mewaste pegenahane punika, ring Karang Medain
Sebagai penglingsir—orang yang dituakan—I Gde Batuhu menyampaikan kepada seluruh warganya, supaya secara bersama-sama menuju tanah yang dimaksudkan. Tahun di mana secara jelas ditulis dalam pakeling itu adalah 1225 Saka. Tepatnya, hari Kamis Pon, Bulan ke sepuluh, Wuku Uye, Tahun 1303 Masehi.
Kalau saja kita kurangkan angka tahun sekarang dengan tahun yang dimaksud maka akan kita peroleh angka 704 tahun atau lebih dari 7 abad warga Karang Medain telah mendiami tempatnya kini. Wajar kiranya, wilayah mereka disebut Kampung Tua.
Andaikata umat Hindu, ingin bertitrtayatra ke Mataram, masyarakat Karang Medain mengabadikan perjalanan sejarahnya pada sebuah Pura besar ( umum) di jantung kota Mataram, tepatnya di Jalan Pariwisata, Majeluk. Pura itu, dikenal dengan nama Pura Muter Mataram. Pura Muter, kalau digolongkan termasuk Pura Dang Kahyangan di luar Bali, karena terkit perjalanan Dang Hyang Nirartha ( Pangeran Sangupati ) mengajarkan kitab suci Wedha. Pengurus pura belakangan ini, sedang merehab besar-besaran.
Terinspirasi dengan rehabilitasi Pura Muter yang belum selesai, sampai sekarang demi mempertahankan semangat membangun, para ibu rumah tangga dan remaja putrinya membangun Pesantian Yadnya Kerti Sumanasantaka pada tanggal 22 Desember 2007 lalu dan sempat dikukuhkan oleh Kepala Bidang Bimas Hindu Kanwil Depag Prop. NTB. Uniknya, prakarsa para ibu ternyata secara kebetulan bertepatan dengan hari Ibu Nasional. Menurut rencana pengurus pesantian akan menggelar Lomba Kidung dalam acara menyambut HUTnya yang pertama 22 Desember 2008 yang akan datang .
***
Karang Medain, April 2008

Tidak ada komentar: